Castle Clothing, brand kaos lukis asal Kampung Wisata Tamansari Jogjakarta berkesempatan mengikuti STYLO Asia Fashion Week pada 4-7 November 2015 di Menara Matrade, Kuala Lumpur, Malaysia. Acara ini diadakan oleh STYLO International bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Malaysia. Sebanyak 36 desainer dari berbagai negara di Asia akan berpartisipasi dalam STYLO Asia Fashion Week 2015. “Kebetulan Castle punya mitra desainer dari Indonesia, Eugenia Fitri Anggra, yang diundang ke Asia Fashion Week. Lantas kami diajak untuk turut memajang karya berupa kaos lukis,” terang Maharsitama Anindita, pendiri Castle Clothing.
Berangkat dari niat untuk memberdayakan potensi seniman di sekitar tempat tinggalnya, Maharsitama memulai usaha kaos lukis satu tahun yang lalu. “Aku ingin suatu saat nanti, orang berkunjung ke Tamansari bukan hanya karena ingin melihat bangunannya saja. Tetapi juga karena potensi warganya yang berdaya dalam mengembangkan batik tulis dan kaos lukis” kata mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM ini. Ia lalu mengembangkan bisnis kaos lukis bersama dua orang rekannya, Noor Taufiq dan Ryma Aulia Praharsiwi, yang juga merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM.
Kaos lukis memang bukan hal yang baru di Tamansari. Warga Tamansari terbiasa mengenakan kaos lukis hasil kreasi masing-masing sebagai pakaian sehari-hari. Maharsitama lalu berinisiatif menggandeng sejumlah seniman dari Sanggar Lukis Kalpika untuk mengembangkan potensi kaos lukis tersebut. Kini, kaos lukis Castle Clothing semakin dikenal oleh masyarakat berkat pemasaran lewat media sosial dan berbagai pameran. Mereka pun pernah berkesempatan untuk mengikuti Indonesian Youth Forum 2015 yang diadakan di Bengkulu.
Kaos lukis Castle Clothing merupakan produk inovasi batik. “Kami menggunakan pewarna batik dan prosesnya juga mirip batik. Dikatakan inovasi karena kami tidak memakai malam atau lilin serta menghilangkan proses perebusan”, kata Maharsitama. Castle Clothing berupaya mengembangkan batik sekaligus mendekatkan image batik kepada anak muda melalui kaos dengan desain yang eksklusif. Berkat keunikannya, Castle Clothing berhasil menjangkau berbagai daerah di Indonesia seperti Samarinda, Balikpapan, Jakarta, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dll. Tak hanya di Indonesia saja, beberapa pelanggan Castle Clothing telah mencapai Timor Leste, Singapura, dan Australia. Keikutsertaan Castle Clothing dalam STYLO Asia Fashion Week 2015 merupakan upaya untuk menembus pasar internasional, khususnya Malaysia dan Asia, secara lebih luas. (chiki)
dimuat dalam jogja.tribunnews.com/2015/11/05/kaos-lukis-asal-tamansari-tembus-asia-fashion-week-2015